22 Januari 2009

Gaya Hidup Digital

. 22 Januari 2009

SBI SMP N1 Cilacap: pembelajaran berbasis ICT

Pentingnya Belajar Cepat
Oleh : Donald
posted by spensa in belajar


Ada sebuah pernyataan menarik yang dikemukakan Rajesh Setty di dalam e-book-nya yang berjudul When You Can’t Earn an MBA. Di situ ia mengatakan bahwa di jaman ini kita harus mampu untuk acquire knowledge at breathtaking speed. Ini berarti kita dituntut untuk mampu menyerap pengetahuan dengan kecepatan yang begitu tingginya sampai menyesakkan napas ! Syarat ini mutlak bahkan untuk sekedar bertahan (survive) di jaman ini.

Saya pribadi sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Seperti yang pernah saya tulis di post Ilmu Terpenting, bagi saya ilmu terpenting dalam gaya hidup digital adalah ilmu untuk memilih ilmu yang tepat dan mempelajarinya dengan cepat. Jadi mampu menyerap pengetahuan dengan kecepatan tinggi merupakan bagian kedua yang sangat penting dari ilmu terpenting (tentu juga jangan lupa bahwa bagian pertamanya yang tidak kalah penting adalah memilih ilmu yang tepat).

Mengapa kita harus mampu belajar cepat ? Sebab:

  1. Jaman terus berubah
    Seperti kata pepatah, satu-satunya yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Dan jaman sekarang perubahan sudah begitu cepatnya. Belum selesai kita mempelajari satu ilmu, ilmu yang baru sudah muncul. Bagaimana kita bisa tetap up-to-date kalau tidak mampu belajar cepat ?
  2. Persaingan semakin ketat
    Jaman yang terus berubah juga diiringi dengan tuntutan persaingan yang semakin ketat. Orang-orang sadar bahwa mereka harus mempunyai sesuatu yang lebih untuk "dijual". Akibatnya mereka berlomba-lomba untuk meningkatkan kompetensi mereka. Bagaimana kita bisa selamat dalam persaingan ini tanpa mampu belajar cepat ?

Ya, tentunya semua ini baru penting kalau kita tidak ingin menjadi korban dari globalisasi. Kalau mau santai-santai sih bisa saja, tapi saya kuatir mereka ini akan menjadi korban globalisasi. Anda ingin menjadi korban atau pemenang ?

http://www.gayahidupdigital.com/2006/08/19/pentingnya-belajar-cepat/

0 comment:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Blog SMP Negeri 1 Cilacap is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Edit by r43hm4n